Memainkan Melodi Sang Inspirasi!

Waktu dengan si manTAn (Bagaimana dgn TA)


     Adakah saya berkapasitas untuk menulis ini? Tidak juga. Saya yakin teman-teman dan senior pendahulu saya lebiih paham tentang ini. Tapi mari berbagi sedikit saja apa yang telah dijalani. Selanjutnya, serahkan pada pembaca :) 
      Mungkin pembaca udah bosen dengan tulisan saya yang bertema hal yang sama lagi. Ya, kali ini tentang dua huruf kembali. Mari berbicara tentang PAcar yang dicinTAi mahasishwa tingkat akhir. Kali ini batasan masalahnya adalah seputar tips atau lebih ke arah review perasaan yang telah berlalu waktu masih menjalani masa-masa penuh cinTA dengan si manTAn #Backsound:MantanTerindah.  Oke, tulisan ini dibuat atas request seorang adik untuk pembekalan menghadapi tahun yang 99,99% ditakuti mahasiswa (sumber : survey oleh Fantri dengan metode perasaan).

WAIIITT!!! 
Judulnya kontroversi ya? Emang judul mana ditulisan saya yang adem ayem. Hehehe.... Biar ga mikir macem-macem, yuk kepo lebih dalem isi-isinya :)

Mari meluruskan-----------(#GarisLurus)--------- manTAn = cinTA = TA = Tugas Akhir ....
Kenapa manTAn? ya karena udah dilalui....
     Agaknya memilih topik TA ga harus dimulai pas bel tahun ke-4 berbunyi atau pas ambil TA1. Demamnya pasti udah kerasa jauh lebih awal kan??? nah.. pas demam langsung diobatin dan bikin antibodi biar kuat ke depannya #apasih. Dimulai dengan milih mata kuliah pilihan yang juga berarti sedikit banyaknya milih blok peminatan. Pertama, kenaliin tipemu : Idealis atau realitis.

Mau Lulus Berapa Tahun? Kenapa Cepet? Lantas, Kenapa Harus Lama.
Targetin mau lulus berapa tahun? Saran sih secepetnya, kenapa harus bercita-cita lulus lama? cita-cita aja mesti tinggi kan, biar kalo ga tercapai ya ga jauh-jauh dari target sebelumnya. Lagian bukannya bersegera menyelesaikan satu urusan agar bisa menyelesaikan urusan lain secepatnya itu baik ya?

Memilih Belajar Lagi (Ikut Tren) atau Menjalani yang disukai?
Ini penting! Idealnya sih apa yang kita sukai adalah tren. Tapi....perlu ingat, gak selamanya tren itu baik dan benar. Perlu diliat lagi potensi diri, sesuaikan dengan target lulus, apakah diri kita adalah seorang pembelajar yang baik sehingga mampu menguasai penelitian sesuai target? ada yang berpendapat bahwa "tahun terakhir ni bukan waktunya belajar, tapi waktunya nunjukin hasil belajar." Inget juga, dua semester bukan waktu yang sebentar untuk menjalani rutinitas yang memaksa terus berpikir. Akan lebih baiknya apabila rutinitas itu adalah apa yang kita sukai.

Teman, Motivasi Berlari

Setelah tau minatnya, pilih teman yang sevisi dengan kita. Kalo pengen lulus lama, jangan milih temen yang pengen lulus cepet, ngerugiin ntar. Pilih juga teman yang smuanya ga satu tipe, kenapa? karena siklus ngerjain tugas akhir itu pasti ketemu sama titik jenuh, harapannya dengan berbeda tipe tapi satu visi ini titik jenuh datangnya ga bersamaan. Saran, jangan cuma sekelompok berdua, biar kalo brantem ada penengah :D
Satu lagi, biarpun teman jangan mudah mentolerir kesalahan tapi harus mudah memaafkan. Jadikan temanmu sebagai motivasi untuk ga males-malesan.


Pilih-pilih Isu
Ini cuma saran aja biar TA gak jadi sampah buat perusahaan dan kampus, setelah tau tema yang mau kamu ambil, pilih isu sexy yang ada (tentunya jangan keluar tema), misalnya tema tentang IT Governance, isu yang lagi tren ada manajemen risiko, atau integrasi aplikasi ada tren SOA, dsb... 

Pilih Isu atau Cari Perusahaan?

Sebelum pilih isu/judul, setelah ketemu tema langsung deh list perusahaan-perusahaan yang mau jadi objek. Bagus kalau udah ada link. Nah yang belum ada gimana? Buat temen-temen yang ada di semester 4 atau 6 yang lagi geladi atau kerja praktek, mulai tuh tanya-tanya tentang isu-isu yang ada di situ, syukur-syukur udah bisa ambil data. Nah yang belum ada objek sama sekali, alias mulai dari 0 lagi modalnya selain surat dan administrasi adalah NEKAT! Setelah nge-list, kalau administrasi belum jadi atau belum buat, langsung aja datengin perusahaan. Kalau ditanya satpam mau ketemu siapa, bilang langsung tujuan misal ke (sekretaris perusahaan atau manajer TI *untuk penelitian TI) untuk nanya-nanya administrasi penelitian dll. Pas udah ketemu, bayangin enak ga ngerjain tugas dengan si bapak/ibu tsb, dia bakalan suport ga. Kalau bayangin aja udah takut, coba pindah ke list yang lain dulu :D
Nah, setelah ketemu perusahaannya, urus administrasinya dan tanya-tanya tentang list isu yang dibutuhin perusahaan. Eiiittsss, sebelum list isu pelajarin dengan detail batasan isu tersebut. Ini penting sebelum ngerjain TA2, jangan sampai isu yang kamu ambil ternyata ga bisa dilanjutin karena cangkupan terlalu luas atau sempit. PASTIIN BATASAN MASALAHnya di awal. 


Menguasai Masalah
Yang saya sesalin dari kebanyakan mahasiswa tingkat akhir dimanapun berada... Mereka gak tau apa yang mereka kerjakan, untuk apa mereka mengerjakan itu, kenapa harus dikerjakan, benefitnya apa untuk perusahaan, masalah kalau itu ga ada buat perusahaan?
Pintar-pintarlah merumuskan masalah. Cari keterkaitan antara masalah perusahaan--> isu sedetail-detailnya. Bahkan inget banget waktu masih TA1, bolak-balik ke pembimbing 1 cuma untuk ngerumusin masalah sampai akhirnya kalau digambarin ketemu lingkaran yang menghubungkan masalah perusahaan --> isu yang diajukan -->benefit--> kembali lagi ke tujuan perusahaan.
Pas ngerumusin masalah, coba hubungin :
1. Apa tujuan perusahaan?
2. Ada aturan yang mengikat perusahaan?
3. Apa kaitannya tujuan perusahaan / aturan dengan isu yang dibuat?
4. Judul ini, ngaruh ga buat mencapai tujuan perusahaan atau menuhin aturan yang mengikat?
jangan lupa, jawab pertanyaan tersebut dengan sumber ilmiah seperti buku atau jurnal penelitian.

Rumusan Masalah, Tujuan, ...... ,Simpulan
Masalah ga, kalau rumusan masalah, tujuan dan lain sebagainya cuma ada 1? Gak. Kalo emang butuhnya 1 jangan dibanyak-banyakin.
Pastiin bener rumusan masalah dan tujuan ini adalah output yang dibuat, bukan proses. Misalnya : outputnya mau ngebuat sistem terintegrasi bla-bla-bla. Jangan bilang tujuannya : mengetahui kesenjangan sistem yang ada dengan seharusnya. Langsung aja jawab ke outputnya.
Hal lain yang sering kejadian adalah inkonsistensi dari Bab A sampai Bab Z, atau masalah melebar. Untuk mencegahnya, berpeganglah sama rumusan masalah. Jangan lupa kalau rumusan masalah nanti adalah pertanyaan untuk menyimpulkan, jadi harus konsisten. Kalau dirumusan masalah ada 2 poin, gampangnya di simpulan juga ada dua poin sebagai jawaban rumusan masalah.

Kuasa Bahasa Inggris di Semester 7
Kenapa Bahasa Inggris, ya sebagai persyaratan sidang. Biar semester 8 nanti fokus TA. Buru-buru dapetin skor toefl/EPRT/etc.. minimal 500. Kenapa 500? Karena syarat sidang minimal 500 (untuk FRI-TelU. Kalau make ECCT (Lupa kepanjangannya, semacam tes speaking), ga disaranin karena syarat wisuda tetep harus pake Toefl/EPRT/etc... Kalau score kamu masih jauh dari 500, saran cepet cari toefl preparation. Score ini juga ngebatu banget buat kamu yang mau daftar kerja atau ngelanjutin kuliah. 

Jawab Pertanyaan
Waktu pembantaian tiba... waktunya memperjuangkan dan mempertahankan judul penelitianmu. Sayangnya, cuma sedikit yang bisa jawab secara ilmiah layaknya seorang sarjana. Sebelum sidang, coba maen tebak-tebakan, pertanyaan apa yang kiranya nanti ditanyakan, siapkan slide pertanyaan-pertanyaan tersebut yang udah dikasih jawaban dengan sumber penelitian yang jelas. Jangan pernah sekali-kali bilang, "Kata dosen pembimbing saya, bla-bla-bla..." #Emang situ kagak nyari kebenaran apa yang dibilang dosbing. Kita mahasiswa cuii, dosbing ngasih saran ya kita kudu cari tau kebenaran sarannya., "Permintaan dari sananya seperti itu." #Emang situ kagak nganalisis apa yang dibutuhin perusahaan sebenarnya, kebutuhan ke depan kayak gimana, dll. Kalo penelitian cuma buat permintaan si yang punya usaha tanpa analisis kondisi ideal seperti apa, itu mah babu bukan mahasiswa. hehe...

Presentasi
Sampai sekarang ga ngerti sama orang yang mau sidang tapi H-1 belum buat slide presentasi. Heiii!!! Udah yakin tugas lu bagus? Kalau bagus pun bukannya draft TA setebel itu gak akan dibaca semua sama penguji. Buat presentasi sebaik-baiknya biar penguji tertarik sama presentasimu, bukan tertarik jelajahin lembar demi lembar kesalahan yang ada di buku. Minta dibantai??? Buat presentasi yang semenarik mungkin baik dari slide ataupun cara penyampaian. Pipil slide presentasi setelah daftar sidang. Saya pribadi buat slide presentasi skita H-7 dan terus-terusan mikir gimana bagusnya. Mungkin saya belum profesional buat slide jadi sebegitu lamanya, tapi bukan berarti juga sejago-jagonya buat slide cuma H-beberapa jam. SLIDE BUKAN COPY PASTE BUKU. HINDARI BANYAK TEKS.

Yappp... sementara sih segitu aja. Sumber tulisan ini adalah pengalaman pribadi yang banyak-banyak lupa, salah dan bisa ditambahkan juga dikurangi. Semoga bermanfaat. :D

2 komentar:

 

About