Memainkan Melodi Sang Inspirasi!

Setelah Kesulitan Pasti Ada Kemudahan


          Akhirnya, keponakan ke dua tinggal menghitung hari. Setelah Fatimah Nurfadhilah atau yang akrab dipanggil Imma ini (25 Juni 2009) dari Teh Dessy & Ka Aji yang super duper lucu, cantik, chubby, pinter (mirip banget tantenya), sekarang giliran keponakan dari Teh Lida & Uda Wahyu. Waahh... Ga sabar nyapa Dede Icha, "Ayo dong de kluar... Ada tante, ayoo nanti ateu temenin renang di kolam baru Dede Ica ({})"
         
          Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Ya!!! Janji Allah benar adanya. Jadi keinget cerita satu taun yang lalu, pas lagi geladi dan shaum, harus batal karena badan ga kuat, semalaman nangis. Semalaman? Yup, Ini carita tentang kakakku tersayang
          Tau rasanya pacaran LDR??? Kangen? Galau? Ah itu mah biasa. Ini udah nikah tapi masih LDR. Dan pertengahan tahun 2012, teteh rencana bakalan pindah ke Kalimantan, biar ga jauh dari suaminya tersayang. Tapi mungnkin Allah belum berkehendak saat itu untuk teteh pindah ke sana. Masih inget banget teteh ngeluh sakit di perutnya. Berobat ke dokter, katanya ga apa-apa. Sampai USG dari dari dokter kandunganpun ga ada masalah. Sampai akhirnya Papah nyaranin berobat ke dr.Aryanto (dr.Ary). Ah dokter ini, luar biasa emang, jadi keinget beberapa keluhan yang saya rasain beberapa taun yang lalu dan dr.Ary mengeluarkan statement yang sebenarnya lucu, tapi miris bagi saya untuk di dengar saat itu. OKE! STOP!!! MAAP OOT.
          Bada maghrib Papah & Teteh berangkat. Saya mutusin untuk ikut. Ya.. walaupun gak tau harus ngapain, dan walaupun tau kekuatan diri sendiri aja ga cukup kuat untuk menopang kesedihan diri sendiri, tapi paling ga saya berharap dengan adanya saya di situ, ada tangan yang bisa teteh cubit kalo disuntik nanti. Haha... ini gak lucu.
          Lupa tepatnya jam berapa sampe klinik, tapi suasana ini sama dengan suasana 3 tahun yang lalu saat saya yang sakit. Sepi. Diam. Takut. Sampai akhirnya suster yang jaga kluar dan manggil teteh. Awalnya saya ragu untuk ikutan masuk ruang periksa, tapi Teteh minta saya ikut, ya udah.
          Seperti biasa, dokter nanyain keluhan pasiennya, dan kebiasaan juga, dengan gayanya yang menenangkan, namun dengan tatap kecemasan, dr.Ary menyarankan Teteh untuk mengikuti beberapa tes kesehatan. Beberapa kecemasan dr.Ary juga sempet diucapkan kepada kami saat itu. DUUEEERRR!!!!
          Teteh yang kuat ya, Teteh sehat kok. Pasti bukan, pasti bukan itu.  Saya membatin dalam hati, menolak mentah-mentah diagnosa dr.Ary.  Sama sekali saya ga berani natap Teteh. Bukan apa-apa, ngedenger suara Teteh udah bergetar aja rasanya pengen banget keluar ruangan secepat-cepatnya, gimana kalo benar saya ngeliat mata teteh nahan air mata. Toh saya juga saat itu mulai nahan air mata.
          Gak!!! Ini kan belum pasti! Teteh belum tes. Lagi-lagi saya mensugesti diri.
          Akhirnya kami keluar ruangan periksa. Papah paling dulu keluar karena langsung mendaftarkan Teteh untuk cek darah. Saya paling belakangn,
          "Makasih dok." Saya pamit dengan suara yang dikuat-kuatkan, dan tanpa berani mengangkat wajah. Takut air mata ini jatuh dan Teteh tau.
          Cemas. Takut. Suasana menunggu tes darah di ruang tunggu. Teteh duduk di antara saya dan papah. Dan akhirnya, ia jatuh juga. Air matanya jatuh. Teteh mulai nangis. Dan saya??? Apa yang bisa dilakukan oleh seorang Fantri yang cuma berpura-pura kuat di saat seperti ini??? Tetep pura-pura kuat juga? Ah, kali ini saya juga ga bisa nahan air mata yang sedara tadi pengen jatuh.
          "Allah punya rencana baik. Apapun masalah itu ada jalan keluarnya. Apapun penyakit itu, pasti ada obatnya." Lagi-lagi Ayah luar biasa ini dengan tegarnya menguatkan Teteh. Dari dulu, sampai sekarang, beliau emang paling care sama kesehatan anak-anaknya, secape apapun, sesibuk apapun, seberapa pentingnya kerjaannya, Papah selalu nyediain waktu buat anak-anaknya. I love you Papa :*
          Sekarang giliran Teteh diambil darahnya. Lagi-lagi Teteh minta saya ikut masuk. Teteh pegang lengan saya, dan memperkuat pegangannya saat jarum suntik masuk menembus kulitnya. Teteh kuat.
          Malam itu, ditutup dengan air mata dan doa. Semoga teteh baik-baik aja.
       
Milad Papah di RS.Pertamina Crb

          Tes yang dilakuin Teteh belum selesai sampe malam itu aja. Besok-besoknya Teteh pindah dari lab satu ke lab lain, Rumah Sakit satu ke rumah sakit lain buat tes yang lain. CT Scan. Kali ini ditemenin mamah. Teteh pernah cerita, waktu teteh jalanin serangkaian tes ini-itu, suntik sana sini, mamah sampe bilang, "Boleh ga, saya aja yang gantiin posisi anak saya. Kasian dari tadi udah disuntik sana-sini" Kurang lebih kaya gitu, entah saat itu, entah waktu kecil. Ah Mamah, kenapa sih selalu sok berani ngadepin hal-hal yang mamah takutin. Dari mulai anaknya jerit pas ada petir dan geledek, mamah lari ke kamar anaknya, padahal mamah pernah cerita, paling takut sama petir. Sampe nyingkirin ulet bulu, binatang yang mamah takutin pas ulet bulunya jatuh di baju anaknya. Mamah ibu terhebat dan terkuat di dunia.

          Singkat cerita, Alhamdulillah, sakit yang teteh alami ga seburuk apa yang dipikirin di awalnya. Walaupun sempet mau dioperasi dan itupun ga bisa angkat semua sakit dalam perutnya teteh, walaupun sempet di rawat (10 hari kalo ga salah) di Rumah Sakit, walaupun seringkali ngeliat teteh tiba-tiba muntah abis minum obat,  walaupun air mata terus-terusan aja jatuh, walaupun teteh harus berobat jalan selama minimal 6 bulan dan harus nunda kehamilannya lagi yang tadinya udah mulai direncanain, dan walaupun karena itu teteh jadi harus mau nunda untuk gak tinggal satu atap dulu sama suami tercinta karena harus berobat sampai sembuh, akhirnya semuanya bisa terlewati. Sujud syukur kami pada-Mu ya Rab.
          Menjelang berobat jalan yang terakhir, Teteh mutusin untuk pindah ke Kalimantan di bulan Desember. Ternyata obat paling mujarab adalah cinta dan kebahagiaan. Seneng kali ya bisa tinggal bareng sama suami tercinta, Alhamdulillah itu sangat membantu akselerasi penyembuhan Teteh. Januari Teteh pulang ke rumah untuk berobat yang terakhir kalinya, dan saat itu.... Ga ada yang bisa memutuskan ikatan seorang ibu dengan anaknya, walaupun ikatan itu setipis sebuah firasat.
          " Kamu hamil?" Tanya Mamah yang ngeliat Teteh gendutan.
          Dan dengan polosnya teteh bilang, "Gak kok Mah, ini mah gendut doang." (-_______-)
          Masih ngotot dengan pendapatnya, mamah nyuruh Teteh beli tespect dan walaupun lagi kerja, sempet-sempetnya neror ke rumah nanyain, 'udah di tes belum'. AND FINALLY.... dua garis. Positif.
          Tau Teteh udah berobat, saya coba telefon. Inget banget waktu itu siang hari di gedung C lantai 2.
          "Teteh gimana kontrolnya?" Tanya saya.
          "Alhamdulillah udah sembuh. Gak usah berobat lagi. Tinggal abisin obat aja" Jawab Teteh di seberang sana.
          "Alhamdulillah. Asik dong udah bisa hamil." Candaku.
          "Bukan bisa lagi. Udah hamil malah." Jawab Teteh dengan suara yang riang.
          AARRGGGHH... lagi-lagi teteh buat saya nangis sampe-sampe pengen cepet-cepet mutus sambungan telefonnya.  Tapi kali ini karena bahagia. Selamat Teteh. Alhamdulillah... Selamat Teteh. ({})

Inna ma'al 'usri yusra.
Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.

Maulida Diarakhmah Suharja. Indramayu, 12 Januari 2013.
"Subhanallah... Janji Allah tdk pernah meleset. Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Untuk dr.Setiawan Makmun SpPD, dr.Aryanto Basuki SpPD, SNP dan keluarga, Puji Agustini, temen2 PNM-ULaMM, terima kasih atas supportnya selama ini. Sukses terus buat kalian." 

      Dan hari ini, taun ini, kami sedang menunggu kelahiran putri pertama Teteh. Semoga sehat dan selamat bayi dan bundanya ({}) 
Aamiin..

0 komentar:

Posting Komentar

 

About