Memainkan Melodi Sang Inspirasi!

Lingkaran


Apa istimewanya sebuah lingkaran? Coba saja kamu cari titik dimana ia bermula, dan titik dimana ia mengakhiri bentuknya. Aku yakin lingkaran yang sempurna tidak akan menemui kata titik sudut. Kamu tak akan menemui sebuah titik di dalamnya. Tanpa sudut, ia terlihat tegar ketika berada di titik terbawah dan terlihat tunduk ketika ia berada di titik teratas dalam perjalanannya bergerak di jalan raya skenario hidup.
Lingkaran bagiku sama seperti arti sebuah rumah. Rumah yang bukan sekedar bangunan fisik dari perlindungan fisik. Rumah dimana aku memulai kehidupanku, bergerak ke luar untuk menjalani skenarioku, merindukan untuk kembali di tengah jalan, hingga akhirnya aku dapat bertemu kembali dengan rumahku dalam rindu yang menyambut.
Tapi apakah bisa disebut rumah apabila ia tidak kembali ke titik dimana ia memulai. Apakah bisa disebut rumah apabila ia haram untuk dirindu. Aku merindukan rumahku beserta titik di mana aku memulainya. Merindukannya lengkap dengan kenormalan sebagaimana sahnya sebuah rindu dirasa. Ia bisa dirindu karena ia bisa untuk dilepas. Namun bagaimana bila aku tak boleh merindukannya. Aku merindukannya dalam paradoks antara perjumpaan yang terlarang atau sakit yang tak berujung.
......
Perjalanan Alya mencoba menemukan kembali rumahnya, jiwa yang mati, tidaklah sebentar dan penuh lika-liku. Orang yang diharapkannya memapah untuk meringankan bebannya hanya seorang pengecut yang lari dari kesalahan. Alya meninggalkan rumah dan kota kelahirannya yang menyimpan banyak kenangan manis untuk menemukan rumahnya di tempat yang lain. Mencari tempat di mana ia bisa merindukan masa lalunya tanpa membenci dosanya.
Keluarganya, teman-teman yang ia sayangi, Tuhannya, bahkan dirinya menjadi asing bagi dirinya sendiri. Seberapa keras ia mencoba untuk merindukan kehidupannya, seberapa keras juga ia terjatuh dalam kubangan dosa yang tak pernah ia buat.
Alya mencoba membangun dirinya, menemui paradoks antara rindu dan dosa, atau benci dan cinta. Perlahan di tengah usahanya ia menemui keberanian untuk lebih dari sekedar kembali, melainkan melahirkan jiwanya yang baru. Entah dari mana kekuatan itu, tapi ia mencoba bermetamorfosis. Metamorfosis yang tidaklah sempurna karena terkadang masa lalunya masih membayangi.
Alya tak bisa membuat lingkaran kehidupannya sempurna, tapi ia tahu, berubah adalah cara terbaik untuk kembali ke titik dirinya itu.
"Not you. Realy not you. I just miss my life." Alya

0 komentar:

Posting Komentar

 

About